Sudah Siap Kehilangan Lionel Messi, Begini Rencana Masa Depan Barcelona



Barcelona mengaku sudah sangat siap menghadapi masa depan tanpa sang megabintang, Lionel Messi. Bagaimanapun, Barca juga harus menjaga kekuatan mereka ketika Messi pensiun nanti.

Selama belasan tahun terakhir, Messi sudah sangat mantap membentuk Barcelona. Juara La Liga itu begitu bergantung pada keajaiban Messi di setiap pertandingan. Messi ialah jaminan trofi.

Biar begitu, Messi tak bisa bermain selamanya. Ia sudah berusia 32 tahun, yang artinya masa-masa pensiun Messi sudah sangat dekat. Era itu bakal sulit, dan Barca juga harus mempersiapkan diri.

Sang presiden, Josep Maria Bartomeu menegaskan jika Barca sudah memulai proyek pasca-Messi tersebut.

Persiapan Barca
Kehilangan Messi akan sangat berpengaruh. Barca tak bisa mengharapkan satu pemain saja untuk memikul beban yang ditinggalkan Messi. Karena itu, mereka juga harus membeli beberapa pemain top.

Terbukti, pada beberapa tahun terakhir, Blaugrana menuntaskan tiga dari enam pembelian termahal pada sejarah sepak bola. Yaitu dengan pembelian Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, dan Ousmane Dembele.

Meski belum ada tanda-tanda Messi akan pensiun, usia tak bisa dibohongi. Messi juga mungkin masih bisa bermain tiga tahun lagi, tak lebih. Performanya juga bakal menurun

Pasca-Messi
Bartomeu menegaskan Barca tak akan berusaha menghindari masa depan yang sulit tersebut. Mereka tahu Messi akan pensiun, dan karena itu mereka juga harus berusaha menjaga kualitas tim.

"Kami rasa sudah kewajiban kami untuk merancang era pasca-Messi," tegas Bartomeu dikutip dari Sky Sports.

"Kami juga memikirkan era pasca-Messi yang terbukti dari pembelian pemain-pemain baru."

"Kami juga harus memikirkan perubahan era ini ketika Messi sudah tak bermain sepak bola. Tapi, sebagai presiden, saya berharap ia akan terus bermain bersama kami," ungkapnya.